Kamis, 05 Februari 2009

Jenis-jenis Usaha Kecil Berbasis Knowledge yang Gampang dan Mudah

Anda gagal di bisnis real? Mungkin sebaiknya Anda mencoba usaha berbasis knowledge. Anda tentu sudah mengenal Gde Prama, Hermawan Kertajaya, dan Rhenald Kasali, Andrias Harefa. Nama-nama tersebut merupakan beberapa orang yang sukses berbisnis berbasis knowledge yang ada yang menyebut dengan istilah knowledgepreneurs.

Apa kelebihan bisnis berbasis knowledge? Tentu resiko kerugian yang lebih kecil bahkan bisa dikatakan tidak ada kerugian secara materi. Hal ini dikarenakan bisnis berbasis knowledge umumnya menjual jasa. Nah, gimana tertarik untuk mencoba?


Bila Anda tertarik untuk mencoba model bisnis ini, tidak ada salahnya untuk segera mencoba. Mungkin Anda bisa memulai sebagai sampingan dan berdasar pada kemampuan dan kemauan Anda. Lalu harus memulai dari mana? bidang apa? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini umum banyak ditanyakan ketika akan memulai bisnis.

Berikut ini beberapa contoh bisnis berbasis knowledge yang gampang dan mudah untuk dilakukan dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis Anda.

1. Bisnis dari kemampuan berbahasa asing
Menguasai bahasa asing merupakan suatu asset yang sangat bagus. Bila Anda memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Arab, Cina, Korea, Anda dapat membuka kursus privat bahasa asing, menjadi penterjemah, guide, atau menerjemahkan buku luar untuk dijual di Indonesia.

2. Bisnis dari kemampuan teknik/listrik/otomotif
Bila Anda memiliki kemampuan teknik, listrik, atau otomotif Anda dapat menjadi konsultan mesin, konsultan listrik, atau membuka jasa service otomotif.

3. Bisnis dari kemampuan komputer & internet
Kemampuan komputer dan internet saat ini juga merupakan suatu nilai yang dapat Anda jual. Misalnya bila Anda memiliki kemampuan pemrograman, Anda dapat membuka usaha software house yang menjual program untuk perusahaan2, atau kemampuan hardware komputer Anda bisa membuka jasa maintenance komputer untuk perusahaan.

Demikian pula dengan kemampuan internet, saat ini dunia internet berkembang begitu pesat. Munculnya dunia blog memunculkan peluang-peluang baru untuk mencari uang dari internet. Bila Anda memiliki kemampuan dalam bidang internet atau blog, Anda dapat membuka kursus bahkan tanpa tatap muka secara langsung, misalnya kursus membuat blog, seo, membuat toko online, dll. Kursus seperti ini sudah banyak di internet.

4. Bisnis dari kemampuan design
Anda memiliki kemampuan dalam hal layout, photoshop, Corel Draw, Free Hand, Ilustrator, Anda dapat membuka jasa desain.

5. Kepintaran Mengajar
Bila Anda memiliki hal ini, Anda dapat membuka kursus privat mengajar dari SD hingga SMA. Tentu Anda juga sudah mengenal Purdi Chandra, pebisnis yang sukses di bidang lembaga bimbingan belajar.

6. Memahami pembuatan laporan keuangan dan perpajakan
Saat ini profesi konsultan keuangan dan perpajakan sangat prospektif. Hal ini didasarkan pada program pemerintah yang mencanangkan bahwa setiap orang nantinya wajib memiliki NPWP. Pengurusan pajak yang harus mengisi berbagai dokumen mungkin sangat membingungkan bagi sebagian besar orang apalagi harus melengkapi dengan laporan keuangan.
Nah, apabila Anda memiliki kemampuan dibidang hal ini, Anda dapat membuka jasa konsultan keuangan dan perpajakan.

7. Ahli dalam bidang fotografi
Anda dapat menjadi fotografer atau bahkan Anda juga bisa membuka kursus fotografi.

8. Pandai membaca Alquran
Saat ini, beberapa lembaga juga telah menawarkan jasa ini yang memberikan pengajaran cepat bagaimana membaca Alquran. Bagi Anda yang memiliki kemampuan ini, tidak ada salahnya untuk membuka jasa kursus privat membaca Alquran.

9. Pandai memasak
Memasak juga merupakan keahlian yang sangat bagus. Banyak yang bisa dilakukan dengan kemampuan ini misalnya dapat membuka kursus, menulis buku resep, dll.

10. Pandai menjahit
Anda dapat membuka jasa menjahit, kursus menjahit, atau buka konveksi.

Demikianlah beberapa contoh jenis-jenis bisnis yang berbasis knowledge, dan mungkin Anda memiliki ketrampilan lain? Silahkan sharing di komentar.

8 komentar:

  1. wah informasinya menarik nih kang, aku langsung ke tempatnya yah, thanks atas informasinya

    BalasHapus
  2. Sebenernya udah tahu sih semua jenis bidang usaha yang udah disebutin diatas. TAPI saya GAK pernah tahu bahwa jika semua itu dikumpulin akan menjadi sebuah info yg sangat berguna buat orang laen.
    Good post bro!
    Salut!

    BalasHapus
  3. kumpulan informasi yang yahud, semoga para pandai itu bisa memanfaatkanya dengan baik, cilakanya kok nggak ada biagu yang bukan hli yah...

    BalasHapus
  4. betul juga mas, setiap kemampuan kita bisa kita lebih maksimalkan, dan bisa jadi menghasilkan :)

    BalasHapus
  5. aq sebebarnya bisa juga tapi kagak ada modal....
    yah gmana dong....
    apes bangat yah....
    hehehh.......

    BalasHapus
  6. Wah, artikelnya positif sekali bro.
    Mudah-mudahan, bisa menginspirasikan teman-teman untuk lebih jeli lagi melihat peluang.

    BalasHapus
  7. mantab sekali artikel nya.. semoga selalu menginspirasi semua orang.. dan terus berkarya... amien http://ketananna.com

    BalasHapus
  8. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus