Friday, December 26, 2008

Kiat Mengatasi Grogi di Depan Umum

. Friday, December 26, 2008

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi jika Anda diminta secara mendadak atau tiba-tiba untuk berbicara di depan forum. Reaksi selanjutnya bisa dipastikan, perut mulas, kaki dan tangan gemetaran, jantung berdetak kencang, dan waktu serasa berjalan sangat lambat. Nah, inilah gejala dari adanya nervous, gugup atau grogi.


Gugup umumnya diawali dengan munculnya keringat dingin maupun hangat, perut terasa melilit, kaki dan tangan gemetaran, otak serasa blank, dan mulut pun serasa berat sekali untuk terbuka sehingga bicara pun menjadi tidak lancar.

Trus bagaimanakah cara mengatasi grogi di depan umum? Berikut beberapa kiat untuk mengatasi grogi saat berbicara di depan umum ;

1. Mempersiapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi.

Inilah modal awal agar sukses bicara didepan umum. Caranya dengan istirahat dan tidur yang cukup menjelang waktu berbicara di depan umum, melakukan relaksasi atau senam ringan untuk menurunkan ketegangan mental dan mengantisipasi kelelahan, misalnya dengan cara memegan ujung kaki sambil berdiri membungkuk selama beberapa detik, menarik napas yang panjang dan dalam serta menahannya beberapa detik, kemudian mengeluarkan napas pelan-pelan, juga minum segelas air putih untuk mempersiapkan vokal.

Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulis atau menuju hadirin untuk berdialog.

2. Siapkan bahan jika tidak tampil mendadak. ini dapat menumbukan rasa percaya diri karena anda merasa yakin dengan apa yang anda sampaikan.

3. Berusahalah konsentrasi dan tenang pada saat akan maju dan fokuskan pada pokok pikiran apa yang anda sampaikan, juga pada kata kuncinya. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan apa yang anda hafalkan, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju ada sedikit saja ada yang terlupa.

4. Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.

5. Yakinlah bahwa Anda tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh hadirin. Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda sampaikan. biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda sampaikan.

6. Usahakan melewati sebelah kiri pendengar saat Anda menuju ke panggung atau tempat anda menyampaikan pidato. Ini akan menstimulasi otak kanan para pendengar sehingga lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan

7. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses.

Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa berbicara di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan. Anda tidak akan dicela dan dijauhi hanya karena penampilan anda tidak sempurna saat di depan forum. Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.

Dan lebih penting lagi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah. Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam menyampaikan pesan.

Sumber : majalah Nikah.


13 comments:

perlawanan hati said...

thank bro tips nya bermanfaat banget... mice post

harianku said...

memang point yang paling terpenting adalah rasa percaya diri kita :)

project said...

hehe...tips paling jitu, duduk dan jadilah pendengar saja gak akan bikin nerveous

Pak Guru said...

Kunci saya sih "PD abis" dari dulu sampai sekarang

Tukeran Link said...

Bicara di depan umum memang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang.

Bahkan ada yang lebih memilih makan sesuatu yang nggak pantas daripada harus bicara di depan umum.

Padahal sebenarnya siapa saja bisa menjadi bagus asalkan latihan dan terbiasa.

Mantap!

Anonymous said...

hmm.. mksih bngt tipsnya,,!!!

Anonymous said...

iya, saat saya menghafal pasti grogi..klo spontan malah biasa aja kadang disertai bercanda..;;)

Anonymous said...

Okelah bgus jg thx tipsnya ;))

DewanggaPSP said...

share yang mantap izin aku share lagi kaks...

Anonymous said...

makasih broooooo

Anonymous said...

walupun sudah membiasakan diri tapi tetap saja kadang masih suka grogi,, suara gemeteran ,,, huhu http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/2.gif

Anonymous said...

Sering kali mulut ni gak bisa di bukak u/ ngomong. .bibir ni gemeteran,kaki Jugha'. . .
Kasih saran LagHe donkzZZ. . .

Tp kLo mendadak malah nGga:)

potri said...

Nervous atau grogi it selalu sy alami ketika tampil membuat saya susah untuk berbicara

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Info Kesehatan | Bisnis | Tips | Download Gratis | Sains | Teknologi | Paperless-Media is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Edited by paperless-media.blogspot.com| Supported by Home Design Ideas and Inspiration