Wednesday, December 17, 2008

Khasiat Buah Mata Kucing

. Wednesday, December 17, 2008

Anda sudah tahu buah mata kucing? Awalnya saya bertanya-tanya waktu melihat beberapa counter di mall-mal yang menjual minuman dengan label "air mata kucing", minuman apa ya itu? Saya penasaran dan akhirnya googling, akhirnya ketemu, mata kucing itu sebutan orang negeri Jiran untuk buah kelengkeng dan ternyata buah ini memiliki khasiat untuk beberapa penyakit.

Buah mata kucing atau kelengkeng ini 'bersaudara dekat' dengan buah leci dan buah rambutan. Di Kuba, buah ini disebut "little brother of lychee" atau adiknya leci. Di Cina buah ini disebut long yan rou yang artinya mata naga yang tajam. Sementara di Jepang disebut ryuugan, lamyai pa di Thailand, dan dalam bahasa Inggris buah ini disebut longan.

Buah kelengkeng atau Longan (Dimocarpus Longan) masuk dalam Family Sapindaceae adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara.


Sekilas Penjelasan Kelengkeng
Berdasarkan wikipedia, pohon kelengkeng ini bisa mencapai ketinggian hingga 40 m dan diameter batangnya hingga 1 m. Tumbuhan ini berdaun majemuk dengan 2-4 atau sampai pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebelah bawah di dekat pertulangan daun.

Buah kelengkeng ini kira-kira sebesar kelereng, warna kulitnya kecoklatan dan agak keras, buahnya bulat, daging buahnya ada yang putih ada juga yang kecoklatan (tergantung jenisnya), banyak mengandung air dan berbiji hitam agak besar.

Kegunaan dan Khasiat Buah Mata Kucing
Di Cina, kelengkeng ini banyak sekali digunakan sebagai obat tradisional. Dengan semakin majunya teknologi pangan, saat ini buah ini banyak dibuat dalam bentuk sirup dan banyak diekspor ke Amerika.

Kelengkeng berisi phenolic terutama pada bijinya, seperti asam gallic, corilagin, dan asam ellagic, yang mengindikasikan adanya kandungan antioksidan.

Daun dari pohon kelengkeng mengandung quercitrin dan quercetin, yang memiliki sifat antioksidan dan antivirus, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengobati alergi, kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Bijinya juga mengandung saponin, tannin, dan lemak. sehingga banyak dipakai bahan untuk membuat shampo dan mengatasi keringat yang berlebihan. Selain itu, bijinya juga banyak digunakan untuk menghentikan pendarahan.

Daging buahnya, secara tradisional dipakai untuk obat sakit perut (alat pencernaan), mengusir demam dan membunuh cacing perut, juga penangkal racun. Air seduhan daging buah yang dikeringkan merupakan penyegar dan obat untuk insomnia, kelelahan kronis, perasaan lemah, tidak dapat konsentrasi, tidak nafsu makan.

Di Vietnam, biji kelengkeng dimemarkan dan digunakan untuk mengobati luka akibat gigitan ular karena diyakini dapat menyerap bisa ular. Juga kerap digunakan untuk mengatasi luka baker.

Buah mata kucing ini disebut juga penghasil energi yang baik dan dapat meningkatkan stamina karena banyak mengandung sukrosa, protein, lemak, glukosa, dan asam tartaric. Oleh karena itu buah ini juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang lemah atau setelah melahirkan, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Manfaat lain yang dapat diperoleh bila kita makan buah kelengkeng secara teratur dan dalam kondisi segar adalah bisa mengurangi demam, menambah nafsu makan, mencegah anemia, dan pemutihan rambut dini.

Kandungan Buah Mata Kucing

Berikut kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah mata kucing:

Food Value Per 100 g of Edible Portion


Fresh Dried
Calories 61 286
Moisture 82.4 g 17.6 g
Protein 1.0 g 4.9 g
Fat 0.1 g 0.4 g
Carbohydrates 15.8 g 74.0 g
Fiber 0.4 g 2.0 g
Ash 0.7 g 3.1 g
Calcium 10 mg 45 mg
Phosphorus 42 mg 196 mg
Iron 1.2 mg 5.4 mg
Thiamine
0.04 mg
Ascorbic Acid 6 mg (possibly) 28 mg

sumber : www.hort.purdue.edu.

Dalam sumber lain disebutkan bahwa buah ini juga mengandung zat besi, magnesium, fosfor, potassium, vitamin A dan c, tiamin, kalsium, serat, protein.

Beberapa contoh cara pemakaian Kelengkeng untuk penyakit

- Kulit terbakar

Ambil cangkang kelengkeng yang telah dibakar sampai gosong. Tumbuk halus dan campur dengan minyak tung (aleuritis fordii). Kemudian bubuhkan pada bagian tubuh yang terbakar. Selain meringankan rasa panas, berfungsi juga agar luka tidak menimbulkan bekas di kulit.

- Luka borok

Ambil sedikit cangkang kelengkeng atau biji buah, kemudian bakar sampai gosong seperti arang lalu tumbuk hingga halus. Campur dengan minyak zaitun dan sebarkan ke bagian tubuh yang luka.

- Kulit pendarahan akibat jatuh

Ambil beberapa biji kelengkeng yang telah kering, bakar sampai gosong seperti arang, lalu tumbuk sampau halus dan sebarkan ke daerah yang luka.

Demikianlah sekilas mengenai khasiat buah mata kucing atau kelengkeng dan contoh penggunaan untuk pengobatan luka bakar.










1 comments:

Zaizan said...

aku ade buah mate kucing dok buah,,,,,,,,,,nok wak gane

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Info Kesehatan | Bisnis | Tips | Download Gratis | Sains | Teknologi | Paperless-Media is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Edited by paperless-media.blogspot.com| Supported by Home Design Ideas and Inspiration