Jumat, 12 Desember 2008

Panduan Menjawab Pertanyaan dalam Wawancara Kerja

Anda mendapat panggilan wawancara (interview) kerja? Selamat ya! di tengah krisis global seperti sekarang ini cukup sulit mendapat pekerjaan, bila Anda telah dihubungi untuk wawancara, Anda berarti termasuk orang yang beruntung karena masih banyak orang lain yang masih menganggur, kesana-kemari mendatangi bursa karir, mencari lowongan kerja, menulis lamaran kerja, dan banyak yang tidak mendapatkan panggilan satupun.

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan proses yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki tahapan proses seleksi kerja yang berbeda-beda, dan wawancara kerja merupakan sebuah tahapan penting bagi perusahaan untuk mengenal secara langsung "sang calon kandidat".


Persiapan dalam Wawancara Kerja
Untuk menghadapi wawancara kerja, Anda perlu persiapan yang baik agar sukses dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Selain persiapan fisik (istirahat yang cukup misalnya), Anda juga harus melakukan persiapan mental.

Bagi yang pertama kali menghadapi wawancara kerja, nervous saat menghadapi wawancara merupakan hal yang biasa dan umum. Setiap orang pasti mengalami hal yang sama. Umumnya mereka bertanya-tanya "apa saja kira-kira pertanyaan dalam wawancara?" dan "bagaimana cara menjawabnya?".

Salah satu persiapan mental dalam menghadapi wawancara kerja adalah belajar bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara secara tepat. Anda mungkin bisa bertanya ke teman-teman yang telah sukses melewati wawancara, atau Anda dapat "googling" di internet, atau membaca buku berkaitan dengan wawancara kerja.

Pertanyaan dalam Wawancara
Menurut pengalaman saya, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada calon kandidat saat wawancara kerja, diantaranya
1. Prestasi apa yang pernah Anda raih?
2. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?
3. Apa yang Anda lakukan jika diterima di perusahaan ini?
4. Apa yang dapat Anda berikan untuk perusahaan ini?
5. Apa aktivitas Anda? hobi Anda?
6. Ceritakan tentang diri Anda!
dll

Nah, bagaimana menjawab pertanyaan2 tersebut dengan tepat? saya pernah googling dan pernah memperoleh sebuah ebook yang bagus tentang bagaimana menjawab pertanyaan dalam wawancara (interview) kerja (dalam bahasa inggris). Bagi Anda yang akan menghadapi wawancara kerja, saya rekomendasikan membaca ebook ini. Silahkan download ebook ini gratis disini.

Tips pengalaman pribadi
- Usahakan Anda selalu tenang saat wawancara. Bila Anda nervous, Anda akan semakin mengalami kesulitan untuk berpikir dalam menjawab pertanyaan.

- Jangan terlalu jujur menjawab semua pertanyaan. Saya tidak mengajari Anda untuk bohong. Misalnya Apa kelemahan Anda? jangan terlalu jujur menjawabnya. Olah kata Anda agar tidak menampakkan kelemahan.

- Percaya diri. Tumbuhkan rasa percaya diri Anda bahwa Anda akan bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik.

- Jangan lupa do'a.

Nah itulah beberapa hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara kerja dan tips menhadapi wawancara kerja.

Ada tambahan? atau ada komentar? Silahkan

Image from www.jobs2me.net


1 komentar:

  1. butuh yang lebih neh tipsnya,,bisa kasi sample ga,,,untuk semua pertanyaan yangada ,,soalnya saya ada wawancara psikologi,,neh,,,??
    mohon bantuannya,,

    mohon di replyke email saya,,reynfa.web@gmail.com

    makasi atas perhatiaannya

    BalasHapus