Selasa, 23 Desember 2008

Khasiat Kunyit bagi Kesehatan

Anda penggemar obat-obatan tradisional? atau Anda suka menanam tanaman obat? tentunya tahu mengenai tumbuhan yang satu ini, yaitu Kunyit (Curcuma Longa).

Kunyit sebenarnya sudah banyak dipakai sejak zaman nenek moyang kita, tidak hanya untuk bumbu masakan, tapi juga digunakan sebagai jamu, dengan berbagai khasiat bagi kesehatan kita.


Sekilas tentang Kunyit
Kunyit merupakan tanaman rempah dan obat yang berasal asli dari Asia, khususnya Asia Tenggara. Saat ini sudah mengalami persebaran hingga ke Australia dan Afrika. Kunyit banyak digunakan untuk memberikan warna kuning pada masakan khususnya di daerah Asia Selatan. Selain itu, di kalangan masyarakat Melayu dan India digunakan untuk mempercantik kulit dan sebagai obat pembersih badan.

Nama-nama lain kunyit di berbagai belahan dunia

Amomoum curcuma, anlatone (constituent), ar-tumerone, CUR, Curcuma , Curcuma aromatica , Curcuma aromatica salisbury, Curcuma domestica , Curcuma domestica valet, Curcuma longa , Curcuma longa Linn, Curcuma longa rhizoma, curcuma oil, curcumin, diferuloylmethane, E zhu, Gelbwurzel, gurkemeje, haldi, Haridra, Indian saffron, Indian yellow root, jiang huang, kunir, kunyit, Kurkumawurzelstock, kyoo, NT, number ten, Olena, radix zedoaria longa, rhizome de curcuma, safran des Indes, sesquiterpenoids, shati, tumeric, turmeric oil, turmeric root, tumerone (constituent), Ukon, yellowroot, zedoary, Zingiberaceae (family), zingiberene, Zitterwurzel.

Sifat Kimiawi Kunyit
Tumbuhan yang satu ini memang sudah dikenal mengandung banyak bahan kimia yang bermanfaat sebagai obat, yaitu kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, destoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat bermanfaat lainnya.

Kandungan kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10%
Kandungan demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H1 - 5%
Kandungan bisdemetoksikurkumin ; R1 = R2 = H

Kandungan lainnya adalah : minyak atsiri/volatil oil (keton sesquiterpen, tumeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil), lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, Vitamin C 45-55%, garam mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium).

Efek Farmakologis
Tanaman ini memiliki rasa pahit (kecuali pada daging buah manis), netral, anti diare, anti piretik, dapat merangsang kelenjar-kelenjar, dan anti diabetes.

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan
Dengan kandungan berbagai senyawa yang berkhasiat, kunyit berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit diantaranya :
- Mencegah pembekuan darah
- kurkumin yang terkandung dalam kunyit, berdasarkan penelitian di luar negeri (masih berlanjut juga) dapat digunakan sebagai anti kanker (kulit, payudara).
- kurkumin juga dapat berfungsi sebagai anti oksidan
- Mengatasi gangguan pencernaan (mulas)
- Menurunkan kadar kolesterol
- diabetes militus
- tifus
- keputihan
- Demam
- Eksim
- Terlambat Haid
- Memperlancar ASI
- Amandel
- Cangkrang
- Berak lendir
- Menurunkan tekanan darah
- Radang gusi
- radang rahim

Contoh Cara Pemakaian
  • Perut kembung, mual, nyeri
Ambil kunyit segar kira-kira 50 gr, lalu bersihkan dan parut. Tambahkan 3 sendok air, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, peras dan saring. Minum untuk 3 kali.
  • Keputihan
Ambil kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua, kupas dan parut. Lalu tambahkan 3/4 cangkir larutan air asam dan gula jawa, aduk hingga merata. Kemudian peras dengan menggunakan sepotong kain, lalu minum. Lakukan hal ini tiap hari.
  • Tekanan darah tinggi
Ambil kunyit sebesar 1/2 jari, lalu parut, tambahkan 1 sendok makan madu, peras dan kemudian minum. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  • Amandel
Ambil kunyit sebesar 1/2 jari, parut, lalu tambahkan 2 sendok air. Aduk hingga merata, lalu peras. Tambahkan 1 butir kuning telur ayam dan air kapur sirih pada air perasan tersebut. Kocok dan minum. Lakukan hal tersebut 1-2 kali sehari.
  • Demam
Ambil kunyit segar kira-kira 20 gr. Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air matang, dan aduk hingga merata. Lalu peras dengan sepotong kain. Minum dan lakukan 2 kali sehari.
  • Terlambat Haid
Ambil rimpang kunyit dan daun sri gading masing-masing 15 gr, biji pala dan kapulaga 10 gr, ketumbar, jinten hitam dan cengkeh masing-masing 5 gr, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Lalu saring, dan bagi untuk 3 kali minum.
  • Radang Gusi
Ambil 1/2 jari kunyit lalu dicuci dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air dan 3 potong gambir. Rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Gunakan untuk kumur2. Lakukan 3-4 kali sehari.
  • Diabetes militus
Ambil 3 rimpang kunyit, tambahkan 1/2 sendok teh garam. Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, lalu saring. Minum 2 kali seminggu 1/2 gelas
  • Tifus
Ambil 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, dan 1 lembar daun sambiloto. Tumbuk semuanya hingga halus. Lalu tambahkan 1 gelas air masak yang masih hangat dan saring. Minum dan lakukan tiap hari selama 1 minggu.

Efek Samping dan Alergi
Reaksi alergi terhadap kunyit mungkin saja terjadi, jadi hendaknya digunakan secara hati-hati.

Sedangkan efek samping yang mungkin terjadi adalah penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan rasa panas di perut dan melemahkan kekebalan tubuh.

Referensi :
1. Medline plus Herbs and suplements
2. wikipedia
3. sentra informasi





7 komentar:

  1. Waah nm2 kunyit ternyata aneh2 y??


    hehehe

    aq kira cuma K-U-N-Y-I-T doank nmnya

    BalasHapus
  2. wah tips yang menarik mas, tanks yah

    BalasHapus
  3. banyak banget ya khasiatnya :) saya baru tahu

    BalasHapus
  4. selain diatas yg sdh disebutkan,apa ada efek yg lebih membahayakan apabila dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu yg lama?

    BalasHapus
  5. selain diatas yg sdh disebutkan,apa ada efek yg lebih membahayakan apabila dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu yg lama?

    BalasHapus
  6. apakah mengkomsumsi kunyit setiap hari baik untuk kesehatan?atau malah mendapat efek samping?

    BalasHapus
  7. Artikel yang bermanfaat gan, ditunggu artikel lainnya mengenai kunyit.
    Salam Cinta herbal Indonesia

    BalasHapus