Selasa, 18 November 2008

Makan Teratur, Kunci Pola Hidup Sehat

Sudahkah Anda memiliki pola hidup sehat? Kehidupan yang semakin modern banyak mempengaruhi pola hidup manusia. Segala kebutuhan hidup dituntut serba praktis dan instan, termasuk dalam hal makanan, yang akhirnya membuat pola hidup seseorang menjadi tidak sehat. Padahal, inilah yang selanjutnya menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit.



Salah satu kebiasaan yang tidak mengikuti aturan pola hidup sehat adalah makan tidak teratur. Ini akan mengakibatkan zat gizi yang diperoleh oleh tubuh menjadi tidak seimbang. Yang termasuk kategori makan tidak teratur adalah tak makan atau terlambat makan pada waktu makan utama (pagi, siang, atau malam), makan seadanya tanpa memperhatikan kualitas makanan, serta makan di luar jam makan utama (ngemil, makan di malam hari sebelum tidur).

Khusus mengenai kebiasaan makan di malam hari (night eating syndrome), ini banyak dialami oleh orang-orang yang sibuk atau kerja hingga larut malam. Night eating syndrome ini antara lain karena depresi, cemas, stress, jenuh, menjalani diet jangka panjang, atau ketakpuasan akan bentuk tubuh sendiri. Orang yang mengalami night eating syndrome ditandai dengan berat badan yang berkurang, anemia, kekurangan vitamin C, dan kalsium.

Pola hidup tidak sehat merupakan awal dari munculnya berbagai penyakit, mulai dari maag, kerusakan selaput lendir, ginjal, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati, yaitu dengan cara memiliki pola hidup sehat.

Tips Pola Hidup Sehat

1. Biasakanlah sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Sarapan penting untuk meningkatkan kinerja. Sarapan pun dapat menghindari kebiasaan ngemil dan jajan sebelum makan siang. Bila tak sempat sarapan, ganti dengan roti atau makanan kesukaan serta minuman yang cukup.

2. Makan secara teratur

Bila diantara waktu makan utama diisi dengan kudapan, hendaknya ini bukan sebagai pengganti makanan utama. Kudapan justru harus dimanfaatkan sebagai tambahan zat gizi. Pilih kudapan berzat gizi seimbang dan tak hanya "enak" saja, tetapi perlu diperhatikan juga kadar kalori, lemak, kolesterol, dan kadar gula.

3. Makan Aneka Ragam Makanan yang dibutuhkan tubuh

Aneka ragam yang dibutuhkan tubuh diantaranya mengandung zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), dan zat pengatur (vitamin dan mineral), juga sayur dan buah-buahan.

4. Tidak Makan dalam jumlah berlebihan

Makan secara berlebihan akan mengakibatkan sistem pencernaan bekerja "lebih keras" dan dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti diare, sakit perut, dan lainnya.

5. Hindari Makan berlebih di luar makan utama

Salah satu contohnya adalah makan di malam hari setelah makan malam, yang dapat mengakibatkan kegemukan. Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat (gula) karena cepat meningkatkan kadar gula darah, sehingga cepat lapar kembali. Lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena dapat menstabilkan gula darah.

6. Olahraga atau kegiatan fisik secara teratur

Selain meningkatkan kebugaran dan menghindari kegemukan, olahraga juga dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Ini berkaitan dengan penyerapan zat optimal zat gizi dan kelancaran metabolisme.

7. Tidur yang cukup

Sebaiknya tidur dalam sehari antara 6-8 jam dengan kualitas tidur yang baik. Hal ini akan menjaga stamina dan kebugaran tubuh Anda.

8. Hindari stress

Stress merupakan salah satu pencetus kebiasaan makan tak teratur, yang selanjutnya akan berakibat pada pola hidup yang tak sehat. Oleh karena itu , hindari stress atau kendalikan stress Anda.

Demikianlah sedikit tips kiat hidup sehat atau pola hidup sehat.




3 komentar:

  1. makasih , ini sangat membantu buat tugas saya

    BalasHapus
  2. Trims , tapi kalau pas puasa gitu gimana ya yg dimaksud teratur itu

    BalasHapus
  3. Kan puasa hanya makan dua kali

    BalasHapus